Penampakan sponsor Rakuten di jersey Barcelona musim 2021/22. (REUTERS/Albert Gea)
Barcelona mulai sedikit bisa bernapas lega di tengah kriris finansial yang melanda klub. Pasalnya, tim Catalan dikabarkan mendapat tawaran sponsor senilai total Rp1,2 triliun yang diyakini akan menjadi kesepakatan sponsor terbesar dalam sejarah sepak bola.
Tim raksasa Spanyol itu kini memasuki 6 bulan terakhir kontraknya dengan sponsor mereka saat ini, Rakuten serta Beko dan sedang mencari mitra baru.
Menurut laporan Sport seperti dikutip dari The Sun, Rabu (26/1/2022), sejumlah perusahaan kini bersiap-siap mengambil alih sponsor Barcelona dengan kesepakatan total di angka 67 juta pounds (sekitar Rp1,2 triliun) per tahun.
Terlepas dari krisis keuangan klub saat ini yang meliputi hambatan mendaftarkan pemain baru ke La Liga, Barcelona tetap menjadi klub yang paling banyak diikuti di dunia maya.
Hal itu membuat mereka menjadi prospek yang menarik bagi sponsor untuk bekerja sama dan Barca pun sedang mempertimbangkan perusahaan mana yang akan bermitra dengan mereka musim depan.
Adapun slot sponsor disediakan di bagian depan dan lengan jersey pertandingan serta perlengkapan latihan.
Baca Juga: Piala Afrika 2021: Tabrakan Kepala dengan Kiper Lawan, Sadio Mane Masuk Rumah Sakit
VeganNation dan Polkadot termasuk dua perusahaan yang berlomba-lomba untuk mencapai kesepakatan dengan Barcelona di mana kedua perusahaan tersebut beroperasi di pasar cryptocurrency.
Selain itu, Barcelona juga dilaporkan tengah terlibat pembicaraan dengan VeganNation sejak November lalu, termasuk pertemuan antara CEO perusahaan Isaac Thomas dan presiden Barcelona, Joan Laporta.
VeganNation adalah perusahaan publik AS yang terdaftar di pasar OTC, yang juga telah meluncurkan cryptocurrency mereka sendiri yang disebut GreenCoin dengan tujuan membangun ekonomi yang lebih hijau.
Mereka juga telah mengajukan tawaran kedua, yang dilaporkan sebagai 'usaha patungan' dengan raksasa teknologi Tencent.
Kemudian ada Ferran Reverter dan Juli Guiu yang menjadi calon sponsor di mana Juli Guiu bertanggung jawab atas pemasaran dan pendapatan di klub.
Di tempat lain, Barca juga tengah berdiskusi dengan jaringan blockchain Polkadot dan situs streaming musik Spotify.
Spotify diklaim menginginkan slot sponsor jersey utama dan mempersilahkan perusahaan lain meletakkan nama mereka di lengan jersey dan perlengkapan latihan.
Perusahaan lain yang dimaksud itu bisa jadi perusahaan mata uang kripto VeganNation yang kontraknya dilaporkan menghasilkan 83 juta pounds (sekitar Rp736 miliar) bagi Barca.
Polkadot juga telah mengajukan proposal untuk slot sponsor, tetapi karena mereka juga memiliki mata uang kripto mereka sendiri, Barca tidak akan dapat mempromosikan VeganNation dan Polkadot secara bersamaan.
Terlepas dari siapa sponsor Barcelona nantinya, semua penawaran yang diberikan tersebut kemungkinan akan memecahkan rekor kontrak sponsorship terbesar dalam sejarah sepak bola dan diyakini bisa meringankan utang klub saat ini yang mencapai 1 miliar pounds.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: