INDOZONE.ID - Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Myanmar di Grup B Piala AFF 2024 pada Senin (9/12/2024) berlangsung sengit dan penuh kontroversi.
Salah satu insiden yang mencuri perhatian adalah tindakan tidak sportif yang dilakukan oleh pemain Myanmar, Hein Phyo Win, yang menendang bola ke arah kepala Marselino Ferdinan.
Sebuah aksi yang terkesan seperti tarkam (tarkam = pertandingan amatir yang seringkali dipenuhi dengan permainan keras).
Kejadian ini mencoreng slogan fair play dari FIFA dalam turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara ini dan menambah ketegangan dalam pertandingan yang sudah cukup panas.
Baca Juga: Hasil Piala AFF 2024: Indonesia Kalahkan Myanmar 1-0 Lewat Pertandingan Sengit
Insiden ini terjadi menjelang akhir babak pertama ketika pemain Myanmar, Hein Phyo Win, dengan sengaja menendang bola ke arah kepala Marselino.
Peristiwa bermula saat Marselino melakukan penetrasi ke sisi kanan pertahanan Myanmar. Aksinya dihentikan dengan pelanggaran oleh salah satu pemain bertahan Myanmar yang menyebabkan dirinya terjatuh di sisi lapangan.
Namun, situasi semakin panas ketika Hein Phyo Win, yang berada dekat dengan bola, justru menendang bola dengan keras ke arah kepala Marselino yang masih terbaring.
Aksi tersebut terlihat jelas sebagai tindakan sengaja. Akibatnya, Marselino langsung terlihat kesakitan setelah terkena bola.
Wasit asal Hong Kong, Wong Wai Lun, yang memimpin jalannya pertandingan, langsung mengambil tindakan tegas dengan memberikan kartu kuning kepada Hein Phyo Win atas insiden tersebut.
Sepanjang babak pertama, permainan Myanmar memang diwarnai aksi-aksi keras. Tidak hanya insiden Hein Phyo, pemain Myanmar lainnya, Wai Lin Aung, juga mendapat kartu kuning usai melakukan pelanggaran berbahaya terhadap Arkhan Kaka.
Dalam sebuah duel perebutan bola, Wai Lin mengangkat kakinya terlalu tinggi hingga mengenai wajah Arkhan.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Amatan Di Media Sosial, ASEAN Mitsubishi Electric Cup